Resume/CV: jual dirimu

Sebenarnya apa sih yang perlu kita buat dalam Resume kita (sebagian ada yang menyebut CV)? Penulisan Resume yang baik itu gimana sih? Pertanyaan ini sering kali terlontar oleh para pemburu pekerjaan, baik masih dalam status pengangguran ataupun sekedar mencari peluang yang lebih baik.

Dari contoh-contoh yang ada di publik (internet) dan sedikit pengalaman dalam memilah Resume, secara garis besar Resume yang baik itu berisi:

  1. Nama
  2. Photo
  3. Alamat rumah (lengkapi dengan negara, jika ditujukan ke luar negeri)
  4. Alamat email (lengkapi dengan email alternatif, jika perlu). Pastikan alamat email anda tidak terlalu konyol, misalnya hatiyanglara@xmail.com. Akan lebih baik misalnya, bambangpamungkas@zmail.com
  5. No telp (rumah/HP)
  6. Nationality (khusus untuk melamar ke perusahaan di luar negeri)
  7. Bahasa yang dikuasai (optional)
  8. Tanggal lahir (optional)
  9. Agama (optional)
  10. Status pernikahan (optional)
  11. Pendidikan dan kualifikasi (selepas SMA, atau pendidikan terakhir jika tidak mengikuti pendidikan tinggi)
  12. Latar belakang pendidikan (optional, namun tidak disarankan untuk ditulis, karena tidak relevan anda lulusan SD mana)
  13. Riwayat pekerjaan (urutkan mulai dari yang saat ini): jabatan, tugas, proyek-proyek yang pernah dikerjakan (jika terlalu banyak, setidaknya beberapa proyek penting saja), dan yang lebih penting, pencapaian istimewa anda pada tiap jenjang karir
  14. Special skills (misal, software-software yang anda kuasai. note: counterstrike, football manager, dll tidak perlu ditulis ya… hehehe)
  15. Kursus-kursus yang pernah diikuti. Yang relevan dan masih layak saja. Kursus bahasa inggris tingkat dasar waktu anda SD dulu, tidak perlu ditulis.
  16. Referensi pekerjaan. Tuliskan nama-nama orang yang berkompeten, yang bisa dan mau menjadi referensi anda. Bisa juga dilengkapi dengan contact number mereka

Bahasa yang dipergunakan dalam Resume baiknya adalah Inggris. Yang terpenting adalah pastikan Resume anda tertulis dengan benar, baik dari segi tulisan (spelling) maupun tata bahasa (grammar). Resume dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah lebih baik daripada ditulis dalam bahasa Inggris namun banyak kesalahan dalam penulisannya. Tapi untuk level international, tentu penulisan dalam bahasa Inggris adalah wajib.

Kontrol isi Resume anda, tulis secara menarik, teratur, dan logik. Ini penting, karena ini akan mewakili  pribadi dan pola pikir anda. Dan juga jangan sampai terlalu panjang, karena akan “membosankan”. Resume yang ideal adalah hanya 2 halaman. Maksimum 3 halaman jika memang pengalaman anda banyak.  Informasikan dengan singkat, padat, namun benar-benar menjelaskan anda dan kapabilitas anda. Kita tidak ingin orang yang membaca tersita waktunya, karena mereka juga sibuk.

Terakhir, lengkapi dengan sample pekerjaan anda (model snapshot, contoh drawing, foto lapangan, dll), jika diperlukan.

Mudah-mudahan ini berguna. Kali lain kita akan membahas langkah berikutnya: interview.

Regards,

Nugraha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: